| Keterangan |
: Pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) merupakan salah satu proyek strategis nasional yang menarik perhatian publik karena menghadirkan inovasi transportasi modern pertama di Indonesia. Dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Bandung Tahun 2016–2036, kawasan di sekitar Stasiun KCJB Tegalluar ini ditetapkan sebagai lokasi pengembangan jaringan kereta api dan fasilitas pendukungnya, termasuk pembangunan stasiun, depo, serta kawasan Transit Oriented Development (TOD). Arahan tata ruang ini memberikan indikasi kuat bahwa kawasan sekitar Stasiun Tegalluar memiliki potensi besar tidak hanya sebagai simpul transportasi, tetapi juga sebagai kawasan dengan nilai ekonomi dan wisata yang tinggi. Namun, berdasarkan data dari Dinas Perhubungan Jawa Barat, hanya sekitar 30–40% penumpang KCJB yang memilih untuk turun di Stasiun Tegalluar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi wisata di sekitar Stasiun Tegalluar untuk mendukung pemanfaatan kawasan yang direncanakan menjadi Kawasan TOD dengan sasaran mengidentifikasi sebaran titik wisata dan jaringan transportasi di dalam radius 5000 meter dari Stasiun KCJB Tegalluar, konsentrasi aktivitas wisata menggunakan metode analisis spasial, serta wilayah potensial pengembangan wisata di dalam radius 5000 meter dari Stasiun KCJB Tegalluar. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan analisis spasial berbasis konsep hotspot dan coldspot dan menggunakan data berupa titik wisata, rating, dan jumlah ulasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi wisata di sekitar Stasiun KCJB Tegalluar dalam radius 5000 meter terbagi empat klasifikasi zona pengembangan dengan didominasi oleh zona pengembangan ekstensifikasi berada hampir di seluruh wilayah delineasi dengan mayoritas bagian tengah, timur, tenggara, dan selatan radius studi. Strategi pengembangan yang disarankan adalah fokus pada pengembangan zona prioritas dengan strategi penguatan fungsi wisata hingga pengembangan wisata baru yang terintegrasi dengan konsep TOD |